Kunjungan ke Perpustakaan sebagai Pengenalan Budaya Literasi

Ditulis oleh Saidatun Ni'mah, dipublikasi pada 19 February 2019 dalam kategori Informasi

Senin, 18 Februari 2019 peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bumi Kartini Jepara melakukan kunjungan studi ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka puncak tema pembelajaran tentang “Rekreasi”.

Perpustakaan dipilih sebagai tujuan closing theme “Rekreasi” karena untuk memberi pengertian pada anak bahwa terdapat banyak alternatif tempat rekreasi edukatif selain pusat perbelanjaan dan time zone. Selain itu kunjungan ini juga bertujuan sebagai pengenalan budaya literasi sejak dini pada anak.

Budaya literasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Karena dengan tingginya minat baca, semakin maju pula kualitas pendidikan suatu negara. Selaras dengan tujuan tersebut, maka PAUD Bumi Kartini berupaya untuk turut serta membantu pemertintah dengan mengakrabkan anak pada buku, dengan harapan saat anak sudah bisa membaca anak akan semakin gemar membaca buku.Selama di perpustakaan anak-anak disambut dengan ramah oleh pegawai perpustakaan. Di sana anak diajak untuk melihat film edukatif serta melakukan gerak dan lagu yang ceria dan menyenangkan. Dalam sambutannya, Bu Ratna juga menjelaskan kepada anak-anak tentang fungsi perpustakaan dengan bahasa yang sederhana yang dapat dipahami oleh anak. Kemudian anak diajak untuk berkeliling perpustakaan untuk melihat berbagai macam buku bacaan.

Selain memiliki berbagai macam referensi bacaan, di Perpustakaan Jepara juga terdapat Rumah Belajar dengan banyak ragam alat permainan edukatif baik di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini tentu sangat membantu anak-anak untuk menstimulasi tumbuh kembangnya serta menambah minat dan kecintaan anak terhadap perpustakaan.