Kunjungan Menyenangkan anak di Radio Pop Fm

Ditulis oleh Eri Erviana, dipublikasi pada 5 April 2019 dalam kategori Informasi

Dalam rangka menunjang pembelajaran dengan tema alat komunikasi, anak-anak PAUD Bumi Kartini melaksanakan kegiatan outing (kunjungan belajar) di salah satu stasiun penyiaran radio Pop Fm kemarin (25/03/2019). Stasiun radio yang bertempat di Jl. RMP Sosrokartono No. 5 Jepara telah memberi kesan yang menyenangkan untuk anak-anak PAUD Bumi Kartini.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan mengenalkan anak tentang apa itu stasuin radio dan sekaligus untuk mengenalkan bagaimana proses penyiaran radio dilakukan. Melalui kegiatan ini guru dapat mengenalkan pada anak secara langsung alat komunikasi yang digunakan, khususnya alat yang digunakan sebagai penyiaran radio. Anak diberikan kesempatan secara langsung untuk mengenal lebih dekat dan memberikan pengalaman yang bermakna bagi mereka, sehingga anak akan lebih mudah dalam menerima informasi yang disampaikan dibandingkan dengan hanya menggunakan media video atau foto.

Dalam kunjungan ini, anak-anak diajak melakukan banyak hal, contohnya seperti mengenal peralatan yang digunakan untuk siaran, melihat proses rekaman, dan yang paling menarik adalah anak-anak diajak untuk melakukan siaran di radio dengan tema “Bintang Kecil”. Dalam program tersebut, anak-anak diberikan kesempatan untuk menunjukkan kebolehannya seperti bernyanyi, membaca do’a, membaca puisi, dan lain-lain.

Banyak hal menarik terjadi ketika proses siaran berlangsung, seperti anak malu ketika disuruh bernyanyi, grogi, lupa lirik, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, pengalaman ini tetap berkesan bagi guru dan khususnya anak-anak, karena mereka dapat mengenal hal baru yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, dan tentunya akan menambah banyak informasi kepada anak serta menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi mereka.